Friday, September 19, 2008

Life Begins at 36 (Keputusan Terbesar & Terberat)

Di pertengahan Ramadhan ini, Ibu memutuskan untuk resign dari perusahaan tempat Ibu bekerja, setelah lebih dari 10 tahun Ibu bekerja dan berkarir di Ciputra. Satu keputusan yg berat dan menyedihkan buat Ibu. Karena disaat Ibu memutuskan untuk berhenti kerja, Direktur Keuangan tempat aku bekerja menawarkan posisi sebagai asisten manager Finance/Keuangan. Suatu kesempatan yang langka di Ciputra, dimana pribumi muslim termasuk karyawan langka disini. Dan itu merupakan suatu kehormatan buat Ibu, karena berarti kerja keras Ibu selama ini diakui oleh perusahaan, bahwa pribumi pun tdk kalah dengan mayoritas karyawan di perusahaan Ibu bekerja.

Tapi hidup itu kan pilihan ya? Ibu harus memilih antara karier atau keluarga? Ibu ingin karir bagus dan dapat materi yang tercukupi atau ingin keluarga yang bahagia lahir dan bathin? Benar-benar pilihan berat, karena Ibu mencapai posisi sekarang pun dengan penuh perjuangan yang sebagian besar adalah kerja bakti. Ibu ingin menunjukkan walaupun Ibu pribumi, sudah berkeluarga dan menjalankan bisnis kue kecil-kecilan tapi di kantor tidak mengganggu prestasi kerja Ibu.

Tapi sekali lagi, hidup ini adalah pilihan, mana yang mau Ibu jalani. Kadang terpikir kalau Ibu nggak bekerja, cukup nggak ya hanya mengandalkan gaji Ayah? Apalagi kebutuhan banyak dan mahal kan? Bukannya nggak percaya dengan Ayah dan nggak percaya dengan rejeki yang datangnya dari Allah SWT. Ibu percaya Allah sudah mengatur rejeki kita sesuai porsinya dan Allah tidak pernah salah memberikan rejeki itu kepada kita. Tinggal bagaimana kita menjemput rejeki itu, dengan cara apa...

Jadi dengan pertimbangan yang matang, penuh airmata setiap doa malam dan sholat, dan demi para malaikat kecil tercinta, hari Senin lalu tanggal 15 September 2008, Ibu mengajukan pengunduran diri dan per tanggal 31 Oktober 2008, insya Allah Ibu resmi melepaskan status Ibu sebagai karyawan PT Ciputra Development Tbk. Dan insya Allah Ibu akan memenuhi panggilan sebagai ibu rumah tangga, yang Ibu tau ini adalah pekerjaan yang terberat. Doakan Ibu ya Cantik, supaya bisa menjalani semua ini.

Dan juga karena beberapa bulan ini pelajaran sekolah mbak Alya mulai mundur, sejak kepulangan Eyang ke Jakarta, dari KL beberapa waktu lalu. Entah karena sering ditinggal eyang bolak-balik atau memang kondisi Alya yang sedang tidak fit atau krn perubahan situasi, entahlah. Dan Ibu tidak hendak menyalahkan siapapun, karena tetap Ibu yang salah, tidak bisa membimbing anak-anak dengan baik, egois, lebih mementingkan diri sendiri dengan sibuk berkarir dan urusan kue, daripada urusan & perasaan anak-anak tercinta. Walaupun Ibu sudah berusaha sebaik mungkin mengatur manajemen waktu, supaya antara karir & keluarga bisa sejalan, tetap ada masanya anak-anak butuh perhatian lebih, jadi dengan berat hati memang keputusan ini yang akhirnya Ibu pilih. Bersyukur Ibu punya Ayang yang selalu menyerahkan keputusan bekerja atau tidak sepenuhnya ditangan Ibu, dan tidak pernah menyalahkan aku atas kegagalan dalam nilai-nilai sekolah Alya dan Ghina. Ayah nggak pernah memaksa Ibu melakukan hal yang tidak Ibu inginkan, jadi semua sudah dipikirkan masak-masak (buah kali hehe...) dari setahun yg lalu.

Tapi mau gimana lagi ya? I have to choose my way... hope this is the right choise. Amin. Mbak Alya dan Ghina, semoga ini jalan yang terbaik yang Ibu pilih, walaupun mungkin ini adalah pilihan terberat. Tapi Ibu percaya, Allah tidak akan memberikan cobaan yang melebihi batas kemampuan kita kan? I love you my Angels, hope this is the best way for us, for this little happy family. Amin.

2 comments:

triwibowo said...

selamat meniti karir baru ya mba, full time mother!!... dari dulu mba dewi kerja, belum pernah khan? hehe... bs konsentrasi penuh bikin kuenya sambil jaga alya n ghina. plus bs belajar fotografi. asal jgn ketularan ayah, hunting mulu... :-)

alya_ghina said...

makasih ya atas dukungannya.. iya nih blm pernah berhenti kerja dari 13 thn lalu. smg bs jd ibu yg baik buat Alya & Ghina. Amin.
Fotografi boleh aja, hunting..? Mikir2 dulu deh hehe.... fotografinya khusus produk kue2 aja (^_^)