Wednesday, January 16, 2008

Pelajaran Sekolah yang Makin Susah

Pelajaran sekolah Alya makin susah nih.. Kelas 2 SD aja udah ada perkalian, dulu Ibu baru kelas 4 SD, kali ya dapet pelajaran perkalian ini... Dan susah buat ngajarin anak kelas 2 perkalian, karena pertambahan sama pengurangan aja masih susah, apalagi perkalian ya?? Lama-lama di Indonesia, bukan cuma anak-anak aja yang les, tapi orangtuanya juga kali..(^_^)


Seperti waktu itu ada pekerjaan rumah, sebutkan nama hewannya (ada di buku), apa makanannya, warna bulunya, kakinya berapa, ciri khasnya apa. Pas ada capung, lebah dan kupu-kupu, Ibu aja nggak tau berapa kaki capung sama kupu-kupu, apalagi mereka. Akhirnya kita buka buku tentang serangga, dan kita nemu gambar capung. Ada 6 kakinya hehe..Ibu jadi tau juga deh.


Terus kupu-kupu... Ayah kan suka foto, Ibu bilang aja ke mbak Iya supaya lihat ke foto-foto Ayah di komputer. Dan terlihatlah kaki kupu-kupu dan lebah itu juga 6. Alhamdulillah, ada gambarnya jadi Alya pun bisa lihat secara benar kalo kaki binatang itu ada berapa. Coba kalo nggak ada? Masa mau nebak aja? Gimana dengan anak-anak yang hidup di perkotaan, kalo nggak ada dan nggak pernah melihat binatang-binatang itu? Apa mereka akan main tebak aja untuk ngejawab?


Atau memang seperti ini tujuan pendidikan di Indonesia sekarang, lebih mengutamakan prakteknya juga, demi menunjang anak-anak bangsa supaya menjadi calon enterpreuneur?? Guayane ibunya Alya dan Ghina nih hehe... Tapi semoga dengan belajar sambil melihat langsung ke objeknya, mereka jadi lebih bisa melihat langsung. Amin.


No comments: