Monday, December 11, 2006

Arisan di Rumah

Minggu kemaren Ibu kebagian tempat untuk arisan ibu-ibu RT. Secara sekarang udah harus mulai belajar gaul dengan ibu-ibu. Kalo dulu kan masih ngikut Eyang, jadi nggak repot ngurusin makanan. Karena Eyang pinter masak, dan punya asisten yang juga pinter masak, Apsoh. Kita panggil Mak Apsoh. Tapi sekarang mau nggak mau harus sendiri. Arisan itu sebenarnya sih cuma acara ibu-ibu untuk bisa komunikasi satu sama lain, soalnya banyak ibu-ibu pekerja yang jarang ketemuan. Makanya dibuat acara satu bulan sekali supaya bisa kompak.

Hari Sabtu, habis jemput Mbak Iya', Ibu buat kue Brownies, Cake Tape sama Pie Ragoet. Brownies 2 loyang, Cake Tape 1 loyang. Rencananya besok mau buat Rawon. Alya Ghina hari Sabtu itu Alhamdulillah nggak rewel, mereka main sama temen-temennya di rumah. Tau kali Ibunya sibuk. Malemnya Ibu ngerebus daging pakai panci presto, lumayan banget ngebantu, cuma setengah jam udah empuk.

Hari Minggu pagi Ibu ke pasar dianterin Ayah. Ayah itu mau banget diminta anterin ke pasar, ikutan masuk juga untuk bawain belanjaan, kan belum tentu semua suami mau begitu. Makasih ya Ayah. Sebetulnya belanja mingguan. Beli sayuran, ayam potong, tahu tempe, bumbu dapur. Tapi Ibu beli kotak plastik yang buat ngisi kue sama tissue, tapi ketinggalan di pasar. Padahal itu buat ngisi kue bawaan arisan nanti sore. Huhu... sedih banget. Alhamdulillah punya tetangga baik yang punya stok banyak, jadi Ibu bisa pinjem dulu. Itulah gunanya tetangga kan??


Pulang dari pasar mulai masak Rawon, untuk resepnya bisa dibaca di sini. Bikin telur pindang, sambel terasi (ini urusan nenek). Tapi tetap banyak gangguan dari para malaikat kecil, yang mau pipis sama Ibu, mau makan sama Ibu, sibuk tapi harus tetap semangat kan. Namanya juga anak-anak. Alhamdulillah juga temen-temennya pada dateng, jadi mereka main di rumah, sambil masak bisa jagain mereka juga. Yang penting mereka nggak pada nangis.


Udah selesai masak, sholat Dzuhur terus siapin isian kue-kue untuk arisan. Bikin kulit lumpia, masak isinya, bungkus. Nenek tinggal goreng. Udah itu Ibu mulai ngisi kulit pie pakai ragoet sayuran, kasih cup kue. Masukin ke dalam plastik, Brownies, Pie Ragoet, Lumpia goreng. Ghina pengennya ikutan aja, heboh deh, mana udah jam 14.30-an. Padahal jam 16.00 udah harus siap. Whuaahh... heboh deh. Tapi akhirnya selesai juga. Ibu mandi, mandiin Ghina, sholat Ashar, dandan. Udah, tinggal nunggu ibu-ibu pada dateng. Cuma Ibu kelupaan foto kue-kue untuk suguhan. Cuma ada beberapa aja.


Oh iya ada kejadian lucu. Waktu Ayah lagi beresin tikar buat lesehan ibu-ibu arisan, Alya bilang,"Bu, mbak beresin aqua ya?" Ibu kasih aja nampan bulat buat taruh aqua gelas dari kardus ke nampan. Berdua Ghina, mereka sibuk banget. Terus mereka bilang, "Bu, udah nih!". "Iya, makasih ya", sambil Ibu nengok mereka ke ruang tamu. Langsung Ibu ngakak, sama mereka aqua gelas itu ditaruh tiga-tiga, sedotan diatas. Dikasih jarak 20 senti antara tiga gelas itu, berderet dari pintu depan sampai dalem. Hahaha... lucunya mereka. Sayang Ibu nggak sempet foto, karena masih sibuk masak.

Tapi ada yang bikin Ibu bete. Ada ibu-ibu yang tanya, "Ini buat sendiri kue-kuenya?" "Iya, semuanya". Kata dia lagi, "Oh iya nenek kan pinter bikin kue". Dalem hati nenek darimana. Orang daku buat sendiri, capek sendiri dari Sabtu. Nenek pun bisa kue cuma 1 versi aja, versi lain belum tentu bisa. Gitu aja dibilang pinter bikin kue. Sebbeelll!!!. Tapi sabar, orang sabar disayang Allah. Tapi akhirnya ibu itu bilang, "oh iya kan bu Endang (Ibunda tercinta maksudnya, Eyangnya anak-anak) pinter masak sama bikin kue, ya pantes aja anaknya pinter juga. Saya lupa." Terima kasih, terima kasih. Akhirnya sadar juga. Bangga dong, senang pasti.

Udah itu pada makan rawon. Komentarnya, "Enak. Kue-kuenya enak, rawonnya juga enak. Kirain tadinya repot, malah enak semuanya" Siip deh. Habis semua, laris manis hehe... Ini kan bisa buat promosi juga. Siapa tau setelah ini ada yang pesen (maunya tuh). Padahal ibu itu sebelumnya bilang ke nenek, "Masak apa nek?" Kata nenek, "kata ibunya sih rawon, cuma nggak tau". "Daripada repot-repot, pesen mie goreng aja, praktis dan nggak repot". Enak aja, emang dikira daku nggak bisa masak?? Biarpun sibuk kerja, keluar rumah terus (gayanya) tapi pinter juga masuk dapur lho. Cobain aja kue-kue buatan Ibu, pasti ketagihan (ge-ernya!!)

Tapi biar capek (hati dan badan), Ibu seneng acara arisan lancar, makanan habis. Terima kasih Ayah, terima kasih Alya Ghina, terima kasih nenek.

No comments: