Saturday, January 03, 2009

Pertanyaan Ajaib Alya dan Ghina

Ya...setelah sekian lama, baru Ibu bisa tau bagaimana kelakuan 2 malaikat kecil Ibu. Bukannya nggak pernah tau, tapi baru sekarang-sekarang ini aja, akhirnya tau apa sebetulnya yang ada dalam pikiran mereka, bagaimana tingkah laku mereka selama ini sebetulnya. And it was very...magic (gak bisa bilang apa-apa, yang pasti Ibu terkagum-kagum dengan kedewasaan kalian, dengan tingkah laku kalian....)

Seperti pertanyaan Ghina yang bilang, "Bu, apa sih artinya karya? apa artinya polusi dan pencemaran? kenapa sih kita harus sholat?" Pertanyaan yang membuat Ibu kadang harus berhenti dulu untuk memikirkan jawabannya, baru menjawab, seperti kenapa sih Bumi kita ada? Emang Allah gimana cara menciptakannya? Gimana caranya manusia sama semua binatang bisa ada? Ya Allah, ya robbi, sebegitu kritisnya kah akal pikiran seorang anak kecil seperti Ghina? Ya..akhirnya Ibu jawab sesuai kapasitas umurnya. Kalau karya, Ibu bilang kalau kita buat suatu benda, barang atau tulisan yang bagus itu namanya karya, hasil dari kerja kita. Polusi atau pencemaran, seperti misalnya kita membuang sampah sembarangan di got, makin lama sampah makin menumpuk dan itu bisa jadi pencemaran lingkungan. Sama seperti pencemaran udara, kalau kita membakar sampah sembarangan pasti akan menyebabkan udara jadi nggak segar lagi, dan itu namanya polusi atau pencemaran udara.

Kalau pertanyaan selanjutnya, Ibu jawab Bumi ada karena diciptakan Allah, karena Allah maha besar, jadi bisa menciptakan bumi kita dan isinya. Dan Ibu ceritakan juga proses penciptaan bumi seperti yang ada dalam buku agama Ghina dan akhirnya Ibu lanjutkan juga dengan menjelaskan arti dari surat al Ikhlas, tentang keesaan Allah SWT. Maaf karena jawabannya panjang jadi Ibu nggak bisa tulis disini ya.... Terus kenapa kita harus sholat, Ibu bilang,"Allah sudah menciptakan kita semua, memberi hidup, menciptakan alam semesta, binatang dan lain-lain untuk kita nikmati, seperti Ghina bisa sekolah, bisa pakai baju bagus, sepatu bagus, itu karena Allah, jadi kita harus bersyukur dengan cara berdoa dan sholat kepada Allah". Dan itu masih berlanjut, "emang kalau orang Kristen, atau Hindu, Budah juga sholat?". "Mereka juga bersyukur kepada Allah, sayang, dengan berdoa tapi namanya bukan sholat, hanya agama Islam saja yang mengajarkan untuk sholat".

Kalau mbak Alya lain lagi, pertanyaannya makin ke arah anak yang lebih besar, seperti kenapa sih kalo udah ibu-ibu bisa hamil? OMG....!!! Ibu harus putar otak kan buat jawabnya. Akhirnya Ibu hanya jawab, kalau sudah dewasa, sudah selesai sekolah, kuliah dan kerja, setiap laki dan perempuan nanti menikah. Kalau sudah menikah, sama Allah akan dikasih anak, makanya setiap ibu akan hamil, dan nantinya punya anak. Mbak Alya tambahin, hamilnya 9 bulan? Terus nanti keluar bayi dari mana bu? Daripada pusing dan bingung nantinya, Ibu jawab kalau bayinya mau lahir, perutnya di operasi. Tapi kalau di tivi kok, keluar dari bawahnya? Kan suka ditutupin kain kalau mau ngelahirin? Gubrakkss....serasa mau pingsan deh Ibu... Emang tontonan tivi itu terkadang kurang mendidik karena tidak sesuai dengan perkembangan usia mereka kan? Tapi akhirnya mbak Alya bilang sendiri, itu seperti orang pup ya bu? Ya...dengan sangat terpaksa Ibu ngangguk aja, sambil nyengir kuda ke Ayah...hehe...

Belum lagi dengan adanya berita agresi Israel, banyak hal mereka tanyakan. mbak Alya menanyakan kenapa musti diserang ya Bu? Emang apa salahnya Palestina, kan kasihan anak-anak kecil sama ibu-ibu yang meninggal? Kalau Ghina lebih ke arah apa sih arti agresi militer, apa artinya krisis, kenapa bisa meledak, bom itu apa? Tinggal Ibu yang harus pintar-pintar mengolah kata untuk menjelaskan ke mereka.

Hmmm...kadang pusing juga menghadapi pertanyaan ajaib mbak Alya dan Ghina, terutama ade Ghina yang emang maunya instan, tanpa mau mencari sendiri dengan membaca dulu misalnya, tapi tiap anak kan beda-beda. Mbak Alya itu dengan tipe belajar yang berusaha mencari tau sendiri, kenapa ini begini, begitu, kalau dia belum ngerti juga baru tanya. Dan kita harus kasih penjelasan dengan sebab akibatnya. Kalau ade Ghina, tipe kritis, visual, yang harus melihat dengan mata kepala sendiri, kenapa ini begini, kok bisa begitu. Jadi kita harus menjelaskan dengan memberi contoh, harus ada buktinya. Kalau tidak, akan dikejar terus sampai dia menemukan jawaban yang pas sesuai akal pikirannya.

Tapi girls...biar gimana pun kalian spesial dengan segala kelebihan dan kekurangan kalian. Mom loves you all...!!


No comments: