Friday, May 23, 2008

Sawah yang Hilang

Dulu pernah posting soal sawah di belakang komplek. Kalau mau lihat sawah, tinggal lari ke rumah tetangga, numpang lewat untuk menuju sawah itu. Membiarkan Alya dan Ghina bebas bermain, berlari-lari, melewati pematang atau hanya sekedar menikmati sore hari sambil berfoto sama Ayah.


"Nikmat Allah yang mana lagi yang kau ingkari.."











Tapi sayang sawah itu sekarang udah nggak ada lagi, sekarang sudah mulai dibangun untuk jadi rumah susun atau apartemen ya? Nggak jelas deh. Merusak alam, merusak penghijauan dan aliran air. Kenapa sih orang-orang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri, perutnya sendiri? Kenapa demi uang, mereka rela menghilangkan sawah dan menjadikannya rumah beton? Arrgghh... seandainya aku punya "kekuatan" dan "keberanian" untuk menolak, menyatukan keinginan setiap orang untuk membatalkan pembangunan itu. Tapi siapa sih aku...?? Bukan orang penting, kali..!!






Dan yang sedih adalah Alya dan Ghina karena mereka tidak punya tempat untuk bermain lagi di sawah, menikmati hangatnya mentari dan berlarian mengejar kupu-kupu serta capung. Mereka tidak bisa menikmati kebebasan berjalan di titian pematang, melihat sapi yang membajak sawah, aroma rumput liar yang tertiup angin..

Seandainya semua itu tidak hilang ya Nak?









Tapi mau bilang apa lagi? Dan yang kelihatan sedih waktu kita ke belakang komplek untuk melihat sawah itu menjadi rata dengan tanah, ya Ghina. Dia bengong aja, melihat traktor yang meratakan sawah, diem aja.. Mungkin dalam pemikiran dia, kenapa ya jadi begini.. Semoga kalau engkau besar nanti, Nak, masih bisa melihat keindahan bumi kita ini ya? Masih bisa menikmati udara segar dan kabut yang selalu ada di depan rumah kita kalau habis hujan. Suara kodok bersahutan sehabis hujan, dan suara jangkrik di malam sunyi yang terdengar seperti doa dan dzikir kepada Allah SWT. Amin


2 comments:

triwibowo said...

katanya mau dibikin jalan tol yak di pondok cabe? lewat wates depan gak? hehehe... ktnya cirendeu raya mw dilebarin jgua 5 meter kanan kiri mba?

bisa makin muacet n banjir yak kl pas dibangun, byk hg yg kena gusur deh... hehehe...

asal gak gusur rumah2 kita ya, aminn

alya_ghina said...

Amin...mdh2an rumah2 kita gak kena gusur deh.

Iya mau dibuat tol sama lapangan terbang buat domestik tuh di pd.cabe.
bisa makin macet + bising deh...

Sedihnya ya...pdhl tempat kita nyaman, sejuk msh ada kabut kalo pagi, gak tau deh nanti...